Saturday, 24 September 2016

Seperti Inilah Kopelrim Yordan

Antara jenis kopelrim yang satu dengan yang lainnya memang ada perbedaan. Seperti yang telah kita ketahui bersama, ada banyak jenis produk kopelrim yang biasa di gunakan oleh instansi seperti kemiliteran atau kedinasan. Seperti misalnya ada kopelrim yordan, kopelrim comando, kopel rim kulit, kopelrim perekat hingga kopelrim dengan kepala model monyet untuk departemen kehutanan dan lain sebagainya. Bagi orang awam, sekilas memang tidak nampak secara detail bagaimana perbedaanya. Akan tetapi, bagi yang sudah sering menggunakannya maka akan dengan sangat mudah membedakannya.

Seperti yang akan di bahas di tulisan ini yaitu mengenai kopelrim yordan, kopel dengan kepala besi ini mempunyai perbedaan yang cukup signifikan bila di bandingkan dengan kopelrim comando atau kopel kulit yang biasa di gunakan oleh kepolisian.  Kopel ini memang sama-sama menggunakan sabuk yang terbuat dari webing baik warna hitam ataupun warna putih. Akan tetapi yang membedakannya adalah dari model kepala yang nantinya akan di gunakan sebagai pengait di antara ujung sabuk satu dengan yang lainnya. Kepala kopel yordan di buat dari plat besi atau kuningan dengan ketebalan sekitar 2 hinga 2.5mm yang di lubangi sehingga bisa di masuki oleh sabuk dengan lebar sekitar 80mm ini.





Ketebalan dari kepala ini memang tidak ada standar yang baku. Biasanya, produsen kopelrim akan memproduksi sesuai dengan ketebalan yang di inginkan oleh konsumen. Mengingat, tidak semua pemesan menginginkan kopelrim yang di harapkannya sama dengan standar yang biasanya sudah telah di tentukan oleh TNI atau Polisi, misalnya. Hal tersebut bisa terjadi mengingat pemesan biasanya tidak hanya di khususkan untuk kebutuhan kemiliteran. Akan tetapi pemesan bisa saja datang dari instansi ataupun kebutuhan perusahaan security atau yang lainnya yang standarnya di bawah kebutuhan standar militer. Kecuali, bila kebutuhan tersebut di buat untuk memenuhi keperluan TNI maka kopel yang di produksi akan sesuai standar dan spesifikasi yang telah di tentukan. Maka produsen akan membuat kopel sama persis dengan spesifikasi yang telah ada. Baik dari bahan kepala yang akan di buat, ketebalan dan kelebaran webing, bahan baku produksi webing apakah menggunakan polypropilin atau polyster atau mungkin malah bisa juga terbuat dari katun.

Model Kopelrim Yordan Dengan Kepala Logam Sebagai Pengait Yang Biasa Di Gunakan TNI, POLRI, Security, dan Kedinasan yanglain seperti Departemen Perhubungan dan lain sebagainya.Plat besi untuk kepala ini di lubangi dengan mesin plong hidrolis sehingga besi yang di cetak benar-benar presisi sesuai dengan cetakan yang di inginkan. Selain itu, mesin hidrolis mempunyai daya tekan yang sangat kuat sehingga hasil yang di dapat juga lebih maksimal.  Ada dua besi pengait yang masing-masing akan di pasang di ujung sabuk.  Kepala yang satu modelnya seperti ada pengait tambahan sedangkan yang satunya terdapat lubang yang ukuran lubangnya sama persis dengan pengait di kepala yang satunya. Sehingga, bila di satukan maka kedua pengait bisa mengunci dan kopelrim tidak mudah lepas dan jatuh saat di kenakan oleh penggunanya.



Agar tampilannya lebih bagus, maka kepala yang telah di lubangi tersebut di cat dengan menggunakan cat sehingga tidak mudah mengelupas. Untuk kepala yang terbuat dari besi, pengecatan ini bertujuan agar tidak mudah berkarat. Sedangkan untuk kepala dari kuningan, pengecatan ini juga bertujuan agar kepala tersebut juga tampak lebih bagus dan serasi dengan sabuknya. Terkecuali untuk model-model tertentu seperti kopel yang warnanya putih, maka kepala sabuk tidak di cat melainkan tetap di biarkan dengan warna aslinya yaitu warna kuning khas logam kuningan yang sebenarnya.  Dan agar warna tetap tampak bagus, biasanya di gunakan coating khsus logam sehingga warna kuningan tidak mengalami perubahan warna yang di akibatkan oleh proses oksidasi logam secara alami.

No comments:

Post a Comment